Mebel di Jepara Urat Nadi Perekonomian Warganya

Mebel di jepara sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara karena model dan kwalitasnya yang bagus. Sempat jaya pada era 90an saat krisis moneter melanda Indonesia, meski sekarang mengalami banyak penurunan namun mebel di jepara masih yang terbesar dan terbaik di Indonesia.  Sebagian besar kayu yang dipakai untuk mebe jepara adalah kayu jati, bahan baku kayu ajti ini didatangkan dari berbagai wilayah di jawa, seperti dari blora, pacitan dan gunung kidul. Bukan hanya jawa, kayu jati dari Sulawesi juga sudah banyak digunakan, kayu jati dari Sulawesi didatangkan dengan menggunakan truck container 20’ oleh para pedagang kayu, yang kemudian dijual baik secara eceran atau per kubik tergantung kebutuhan perajin mebel.

mebel di jepara

Mebel di Jepara

Mebel di jepara mempunyai motif yang unik dan juga variatif, inivoasi para perajin mebel jepara sangat berpengaruh pada perkembangan industry mebel. Berbagai macam desain baru terus tercipta seiring dengan permintaan pasar. Peran pemerintah seperti pemberian fasilitas fasilitas gratis untuk mengikuti ajang pameran baik di dalam ataupun di luar negeri, untuk mendukung perkembangan mebel juga turut andil dalam kemajuan dan eksistensi industry andalan warga jepara ini. Mebel di jepara sudah menjadi urat nadi untuk perekonomian masyarakat jepara dan sudah menjadi salah satu sumber pemasukan untuk kas daerah, hampir setiap hari ada puluhan container keluar masuk jepara.

Mebel di jepara memang tidak ada matinya, memanfaatkan nama besar jepara sebagai pusat mebel adalah salah satu cara untuk mendongkrak penjualan mebel jepara. Kwalitas yang bagus memang menjadi andalan untuk memasarkan barang ini. Seiring dengan perkembangan teknologi juga turut serta memanjukan dan memudahkan pemasarannya. Mebel di jepara sekarang ini sudah dipasarkan secara online, penggunaan media social sepeti facebook dan Instagram menjadi senjata ampuh bagi para perajin mebel untuk menawarkan produk andalannya. Bahkan ada perajin mebel, berbekal ribuan follower Instagram sudah cukup untuk memasarkan produknya secara rutin, bahkan untuk bulan bulan tertentu sampai kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *