Tiga Makanan Khas Raja Ampat

Meskipun sudah terkenal ke seantero dunia, mungkin di antara kamu ada yang belum kenal dengan Propinsi Papua Barat. Nah, Papua Barat inilah kabupaten Raja Ampat berada. Langsung saja anda cicipi tiga makanan khas Raja Ampat. Kawasan ini selain adalah provinsi yang terletak di sebelah barat Pulau Papua. Ibukotanya waisai. Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten yang memperoleh status etonomi khusus. Seperti daerah lainnya, Raja Ampat juga memiliki kekayanan kuliner yang spesifik atau khas. Berikut 3 makanan khas Raja Ampat yang mungkin ingin teman-teman coba.Pertama adalah papeda. Papeda adalah makanan khas wilayah timur, termasuk Raja Ampat ini. Makanan seperti bubur ini terbuat bahan dasar berupa sagu.Papeda diolah sehingga menyerupai bubur, warnanya putih dan tekstur lengkat bak lem kertas. Rasa asli dari papeda adalah hambar alias tanpa rasa.

Nah, menemani hambarnya itu, sebagai salah satu dari tiga makanan khas Raja Ampat papeda biasanya dimakan dengan bangsa ikan – ikanan sebagai lauk. Misalnya ikani tongkol atau mubara yang dimasak dengan bumbu kunyit. Ikan itu dimasak berkuah yang warnanya jadi kuning. Lalu, cara makan papeda tak beda dengan makan bubur sama lauknya. Kedua adalah Martabak Sagu Jenis martabak ini terbuat dari sagu yang dilembutkan lalu digoreng dan diberi gula merah asli yag sangat manis. Martabak yang berasa dari Kabupaten Raja Ampat ini berbeda dengan yang lain, seperti martabak manis atau martabak telor.Sudah jelas, hal yang paling membedakan adalah bahan dasarnya , yakni sagu. Soal rasa, makanan khas ini enak dan arahnya memang manis. Intinya soal rasa tidak kalah dengan jenis martabak yang lainnya. Bagaimana, anda sudah tidak tahan ? Ya terbang saja ke Raja Ampat.

Ketiga adalah makanan khas yang cukup aneh. Yakni makanan berbahan dasar ulat. Makanan itu adalah Sate Ulat Sagu. Sate ulat sagu merupakan salah satu dari tiga makanan khas Raja Ampat. Model makanan ini bisa jadi bikin mual bahkan muntah saja.Ulat Sagu ada di batang pohon sagu yang sudah tua dan lapuk. Nah, ulat sagu inilah yang diolah dengan cara dibakar seperti membakar sate. Sate ulat sagu ini adalah makanan khas Raja Ampat unik dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *