Manfaat Sumatriptan Obat Migran Paling Ampuh

Manfaat Sumatriptan

Manfaat Sumatriptan

Obat Migran Palig Apuh – Sumatriptan yaitu obat dari kelompok triptan, yang bekerja dengan merangsang reseptor zat alami dalam otak bernama serotonin (5HT). Kandungan ini bisa memperingan tanda yang dirasa pada pasien migrain yang tengah menglami serangan akut.

Sumatriptan tidaklah pereda rasa nyeri umum, karna cuma bisa meredakan rasa sakit kepala karena migrain. Obat ini mempunyai sebagian resikonya yang cukup serius, serta pemakaiannya mesti sesuai sama resep dokter.

Bentuk Tablet, nasal spray (yang disemprotkan ke hidung), serta suntik
Peringatan :

Wanita yang tengah berencana kehamilan, tengah hamil, atau menyusui, disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelumnya memakai sumatriptan.

Dianjurkan tidak untuk mengemudikan kendaraan atau menjalankan alat berat, karna sumatriptan dapat mengakibatkan kelelahan serta mengantuk.

Berharap waspada untuk yang berumur diatas 65 th. serta dibawah 18 th., tengah menanggung derita masalah jantung, hipertensi, masalah aliran darah, masalah peranan hati, masalah peranan ginjal, kejang-kejang, stroke, atau transient ischaemic attack.

Bila berlangsung reaksi alergi atau overdosis, selekasnya jumpai dokter.

Dosis Sumatriptan

Dosis sumatripan yang didapatkan oleh dokter bergantung dari bentuk obat itu. Untuk sumatriptan berupa tablet, umumnya dokter akan memberi 50 sampai 100 miligram yang diulang sesudah interval 2 jam bila migrain kembali menyerang untuk pasien dewasa. Dosis maksimum sumatripan tablet /hari yaitu 300 miligram.
Sedang untuk sumatriptan berbetuk nasal spray, dokter biasanya akan memberi 20 miligram untuk 1 lubang hidung yang bisa diulang sesudah interval 2 jam bila migrain kembali menyerang untuk pasien dewasa. Dosis maksimum sumatripan nasal spray /hari yaitu 40 miligram.

Bila pasien dewasa diberi sumatriptan suntik, jadi umumnya dosis yang didapatkan dokter yaitu 6 miligram dalam satu dosis yang dapat diulang sesudah interval 1 jam bila migrain kembali menyerang. Dosis maksimum sumatripan suntik /hari yaitu 12 miligram.

Memakai Sumatriptan dengan Benar

Yakinkan untuk membaca panduan pada paket obat serta ikuti saran dokter dalam memakai sumatriptan. Janganlah memberikan atau kurangi dosis tanpa ada izin dokter. Pakai sumatriptan cuma sesudah migrain menyerang, karna obat ini cuma untuk meredakan tandanya bukanlah menghindar.

Sumatriptan tablet bisa dikonsumsi sebelumnya atau setelah makan. Sumatriptan tablet bisa diminum dengan air mineral, atau lewat cara dicampurkan ke air terlebih dulu sebelumnya diminum.

Bila sesudah konsumsi obat migrain mereda lalu keluar sekali lagi, Kamu bisa mengulang dosis ke-2 sesudah 2 jam penggunaan obat awal. Tetapi bila dengan dosis awal migrain Kamu tidak lebih baik, tidaklah perlu konsumsi dosis yang ke-2 karna peluang besar obat akan tidak memberi dampak apa-apa. Ketentuan yang sama saja berlaku untuk pemakaian lewat suntikan serta nasal spray.

Ketahui Dampak Samping Sumatriptan

Reaksi orang pada satu obat tidak sama. Sebagian resikonya sumatriptan yang biasanya berlangsung yaitu :

  • Terasa tidak sehat serta napas jadi pendek.
  • Pusing.
  • Kejang.
  • Mengantuk atau kelelahan.
  • Iritasi membran hidung serta perdarahan hidung (epistaksis).
  • Tenggorokan merasa serak.
  • Mual serta muntah.
  • Sensasi geli, kulit merasa hangat atau dingin.
  • Masalah indera pengecap.
  • Sakit serta nyeri.
  • Meningkatnya desakan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *