4 Alasan yang Membuat Sapi Menjadi Kurban Terbaik untuk Dipilih

Sapi termasuk ke dalam jenis hewan kurban terbaik sebagaimana yang termuat di dalam situs Https://www.globalqurban.com/id/news/article/sapi-kurban-hewan-terbaik-untuk-di-kurbankan. Hewan kurban memang terdiri atas beberapa pilihan, di Indonesia sendiri lebih familiar dengan kambing maupun sapi. Keduanya termasuk jenis hewan kurban favorit, dan salah satunya bisa Anda jadikan pilihan terutama untuk sapi. Sapi berbeda dengan kambing baik dari segi fisik maupun dari segi harga, dan dikenal umat muslim sebagai pilihan hewan kurban terbaik karena berbagai alasan.

 

Mengapa Sapi Menjadi Hewan Kurban Terbaik?

 

Sampai saat ini umat muslim di tanah air yang memilih sapi sebagai hewan kurban memang masih bisa terhitung dengan jari. Maklum saja harga satu ekor sapi sekitar belasan bahkan ada yang mencapai puluhan juta bergantung pada bobot tubuhnya. Namun sapi sendiri merupakan hewan kurban terbaik karena beberapa alasan berikut:

 

  1. Merupakan hewan yang kuat dan kokoh,

Berkurban bisa diartikan sebagai sedekah kepada sesama sekaligus menabung hewan tunggangan untuk dunia akhirat kelak. Sapi yang merupakan hewan berkaki empat kuat dan kokoh tentu menjadi tunggangan terbaik. Sehingga bisa dikatakan sebagai hewan kurban yang lebih baik dibanding lainnya.

 

  1. Memiliki lebih banyak daging,

Dibandingkan dengan kambing tentu ketika disandingkan dengan sapi akan nampak perbedaan begitu mencolok. Satu ekor sapi bisa dibagikan kepada puluhan orang fakir miskin sementara untuk kambing untuk jumlah lebih terbatas. Ketika Anda ingin berbagi rezeki tentu menghendaki pembagian rezeki terbaik, maka sapi menjadi pilihan ideal. Sebab satu ekornya bisa memenuhi kebutuhan daging berkualitas untuk puluhan orang ketika dibagi secara merata. Kebaikan Anda tentunya akan dirasakan oleh banyak orang.

 

  1. Cocok dikonsumsi oleh siapa saja,

Kambing memiliki aroma yang khas dan mengandung beberapa nutrisi yang juga tidak kalah khas, yang kabarnya kurang aman dikonsumsi oleh sebagian orang. Misalnya bagi pemilik kolesterol berlebih atau mungkin menderita hipertensi. Namun ketika Anda berkurban sapi maka dijamin siapa saja akan menikmatinya. Terlebih gangguan kesehatan yang disebutkan tadi tentu tidak hanya dimiliki orang kaya, orang miskin pun bisa. Tentu akan lebih baik menyediakan daging yang aman dikonsumsi penerimanya, dan disukai karena tidak ada bau tajam.

 

  1. Lebih mudah untuk diolah,

Daging sapi termasuk jenis daging merah yang mudah untuk diolah sebab tidak perlu proses khusus untuk membuatnya empuk. Cukup diiris dulu sesuai keinginan kemudian direbus, semakin lama akan semakin empuk. Sehingga mereka yang menerima daging kurban jenis sapi akan lebih nyaman mengolahnya menjadi sajian yang enak dan kaya protein. Bandingkan jika memilih kurban kambing maka perlu diolah secara khusus agar aroma khasnya tidak terlalu kuat setelah matang, kalau membeli bumbunya tidak sanggup maka hanya bisa pasrah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *