Efek Minuman Bersoda Pada Tubuh

Data dokter – Air berkarbonasi atau juga diketahui sebagai air soda, ialah air yang “disuntikkan” dengan gas karbon dioksida. Hal ini membikin adanya gelembung dalam air. Anda mungkin sering kali mengamati gelembung ini dalam minuman bersoda. Dengan adanya gelembung dalam minuman bersoda, ini memberikan sensasi tersendiri ketika Anda meminumnya. Anda mungkin berpendapat bahwa gelembung dalam air berkarbonasi ini tak memberi efek pada tubuh. Melainkan, pendapat Anda mungkin salah. Berharap tahu apa efek air berkarbonasi pada tubuh? Simak ini.

Apa saja efek air berkarbonasi pada tubuh?
dikutip dari info kesehatan, Karbon dioksida yang sengaja “disuntikkan” ke dalam air terbukti bisa membawa efek bagus ataupun buruk bagi tubuh. Apa saja?

Manfaat air berkarbonasi untuk metode pencernaan

Demikian lidah Anda mengenai air berkarbonasi, Anda mungkin telah dapat menikmati sensasinya. Sensasi ini mungkin menyenangkan bagi sebagian orang. Asam lemah yang terkandung dalam air berkarbonasi bisa menstimulasi reseptor syaraf di mulut Anda. Sebagian penelitian menampakkan hal ini bisa meningkatkan kesanggupan menelan Anda. Padahal mempunyai ph yang asam, tetapi riilnya air berkarbonasi tak hingga memengaruhi ph tubuh Anda.

Air berkarbonasi juga mungkin bisa menolong Anda yang sedang memiliki situasi sulit wasir. Sebagian orang mungkin memiliki pencernaan yang lebih lancar sesudah minum air berkarbonasi. Hal ini malahan sudah dijelaskan oleh sebagian penelitian.

Meski bersifat asam, air berkarbonasi mungkin juga bisa menolong Anda dalam meredakan nyeri ulu hati sebab meningkatnya asam lambung tanpa adanya gangguan organ lambung (functional dyspepsia). Hal ini sebab air berkarbonasi bisa meningkatkan kegiatan lambung.

Melainkan, perlu dicatat bahwa hal ini cuma tepat sasaran jikalau Anda mengkonsumsi air berkarbonasi tanpa tambahan kalori dari gula. Sayangnya, air berkarbonasi yang sering kali Anda temui ialah dalam wujud minuman bersoda, di mana telah ditambahkan dengan pelbagai ragam rasa dan gula dalam jumlah tinggi. Justru, minuman bersoda ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Bahaya air berkarbonasi pada kesehatan gigi

Efek air berkarbonasi lainnya ialah pada gigi. Air berkarbonasi sering kali dihubungkan dengan kerusakan gigi. Hal ini sebab ph-nya yang asam membikin lapisan surat elektronik pada gigi dapat terkikis. Melainkan, hal ini belum tentu benar.

Air berkarbonasi yang ditambahkan gula, seperti pada minuman bersoda, memang bisa menyebabkan kerusakan gigi, berdasarkan sebagian penelitian. Melainkan, air berkarbonasi tanpa tambahan gula justru tak rupanya bisa merusak gigi.

Asam dan gula yang terkandung pada minuman bersoda tampaknya memainkan peran penting pada kerusakan gigi. Kombinasi keduanya bisa menyebabkan lapisan surat elektronik gigi menjadi terkikis. Jadi, pilihlah air berkarbonasi yang tak mengandung gula jikalau Anda berkeinginan menjaga kesehatan gigi Anda.

Efek pada kesehatan tulang

Selama ini mungkin Anda sering kali dengar bahwa air berkarbonasi bisa menyebabkan tulang keropos. Melainkan, terbukti ini hanya mitos. Air berkarbonasi tak berakibat pada kesehatan tulang.

Yang berakibat pada tulang keropos sebetulnya ialah cola. Cola berbeda dengan air berkarbonasi. Minuman cola mengandung banyak fosfor dan lazimnya orang yang sering kali mengkonsumsi minuman cola memiliki asupan kalsium yang kurang, terlebih wanita. Hal inilah yang menyebabkan kenapa cola bisa memicu tulang keropos.

Jadi, Anda patut konsisten minum susu atau sumber kalsium lainnya, meski Anda sering kali konsumsi minuman berkarbonasi atau minuman cola. Jangan jadikan minuman berkarbonasi sebagai substitusi susu. Melainkan faktanya, remaja putri yang mengkonsumsi minuman berkarbonasi sering kali menciptakan minuman hal yang demikian sebagai substitusi susu sehingga asupan kalsium untuk kesehatan tulang tak terpenuhi dengan bagus, berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition Research.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *