Manfaat Nutrisi yang Dikandung oleh Buah Sirsak

Buah sirsak merupakan salah satu buah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini. Baik daun dan buah sirsak kerap digunakan sebagai salah satu bahan pembuat obat. Banyaknya masyarakat yang memanfaatkan buah sirsak sebagai obat herbal disebabkan oleh kandungan nutrisi yang dikandung oleh buah tersebut. Karena dapat dimanfaatkan tanpa menimbulkan efek samping, buah sirsak dapat dikonsumsi dalam kurun waktu yang lama.

Setelah dilakukan beberapa kali penelitian, buah sirsak memiliki kandungan senyawa dan nutrisi yang tinggi. Nutrisi yang dikandung di dalam buah sirsak dipercaya mampu menyembuhkan penyakit membahayakan sekelas kanker. Berikut ini merupakan beberapa nutrisi yang dikandung oleh buah sirsak:

  • Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang dikandung oleh buah sirsak. Selain dapat mengontrol metabolisme tubuh, serat yang dikandung oleh buah sirsak juga dapat mengatur berat badan dengan baik. Kandungan serat tersebut juga dapat melancarkan proses buang air besar.

  • Karbohidrat

Jumlah karbohidrat yang berada di dalam satu gelas buah sirsak tergolong besar. Ada sekitar 38 gr karbohidrat yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Karbohidrat yang dikandung di dalam buah sirsak dapat menjaga kadar gula di dalam darah.

  • Kalium

Kalium di dalam sirsak dapat menjaga kondisi tulang agar selalu berada dalam keadaan yang sehat. Tidak hanya itu, kalium juga berfungsi dalam mengatur tekanan pada darah dan membantu kinerja otot.

  • Vitamin C

Sirsak mengandung vitamin C yang tinggi dan berguna bagi daya tahan tubuh. Sebagai antioksidan alami, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan kulit agar nampak sehat dan bugar.

Selain serat, karbohidrat, kalium dan vitamin C, buah sirsak juga mengandung air, fosfor dan kalsium. Kandungan air yang berada di dalam buah sirsak dapat menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Sedangkan fosfor dan kalsium memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan tulang. Kedua nutrisi tersebut dapat menghindari tulang terkena osteoporosis. Dengan adanya kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sirsak, tak mengherankan semakin banyak orang yang memanfaatkan buah tersebut sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *