4 peluang usaha mahasiswa dengan modal pas-pasan

bisnis untuk mahasiswa
Menjadi mahasiswa tidak hanya bisa mendapatkan keilmuan yang lebih tinggi namun juga bisa menjadi ajang mengasah bakat diri dalam berbisnis. Ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa yang hasilnya bisa untuk menambah uang jajan atau bahkan melunasi uang semesteran. Usaha bisa berhubungan langsung dengan jurusan kuliah yang diambil atau malah berseberangan.

Apa saja peluang usaha mahasiswa tersebut?

  • Bimbingan Belajar

Usaha bimbingan belajar sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa baik bagi mahasiswa jurusan pendidikan atau jurusan lainnya. Dalam menjalankan usaha ini, Anda tidak hanya akan menambah penghasilan namun juga bisa memanfaatkan ilmu yang sudah didapatkan. Cara membangun bisnis ini cukup sederhana. Anda bisa memulainya denga terlebih dahulu bekerjasama bersama teman satu kost-an, satu kelas, bahkan satu organisasi yang memiliki minat mengajar. Setelah itu, Anda bisa membicarakan strategi pengajaran dan pemasaran yang akan dilakukan.

Penyebarluasan usaha bimbinga belajar biasanya melalui media sosial atau selebaran yang disebar di tempat yang memiliki akses ramai. Target siswa pun bisa beragam mulai dari TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa atau umum. Jika belum ada modal untuk mendirikan tempat khusus, Anda bisa memulainya dengan sistem privat dimana guru akan datang ke rumah siswa.

Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

  • Sovenir wisuda

Wisuda adalah saat-saat yang dinantikan oleh setiap mahasiswa. Memberikan hadiah atau sovenir kepada sahabat, teman, pacar, atau saudara menjadi hal yang umum dilakukan. hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Anda bisa menjual beragam sovenir atau hadiah wisuda seperti bunga, boneka, selempang, atau yang lainnya saat momen wisuda itu tiba. Meski momen ini musiman namun keuntungan yang didapat bisa sangat menjanjikan. Selain membuka lapak saat wisuda berlangsung, Anda juga bisa mempromosikannya lewat sosial media. tak jarang orang memesan sebelum beberapa hari sebelum hari H.

  • Bisnis online ala mahasiswa

Peluang usaha mahasiswa untuk mendapatkan tambahan uang hanya dengan online cukup mudah, apalagi bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan tambahan uang. Ada beberapa cara dalam mencari uang via online, yaitu menjadi dropship, reseller, penulis artikel, jasa desain, jasa translate, hingga berbagai cara lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas dropship dan reseller produk, jadi bagi mahasiswa yang ingin melakukan dropship ataupun reseller produk. Hal yang perlu anda miliki adalah smartphone dan kuota internet, kemudian mencari perusahaan yang dapat diajak kerja sama menjadi dropship ataupun reseller online. Dengan begitu anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak dengan cara yang efektif tanpa mengganggu aktifitas perkuliahan.

Baca Juga : Peluang Usaha Mahasiswa Tingkat Akhir

  • Menjadi tour guide

our guide bisa menjadi peluang usaha mahasiswa nyaris tanpa modal. Anda hanya perlu datang ke tempat wisata sekitar dan menawarkan untuk menjadi tour guide. Bagi Anda yang mahir berbahasa Inggris, manfaatkan kemampuan tersebut untuk mendamping wisatawan asing. Biasanya mereka akan membayar lebih mahal dari pada wisatawan lokal. Selain Anda bisa mendapatkan uang jajan tambahan, Anda pun bisa berjalan-jalan dan bertukar pengalaman dengan wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *