Contoh Alat Kesehatan di Ruang Operasi

Pernahkah anda masuk ke ruangan operasi di sebuah rumah sakit ? Mungkin untuk anda yang pernah menjalani operasi tentu saja sudah pernah. Namun bagi anda yang belum, maka kemungkinan besar belum pernah masuk ke sana karena tidak diperbolehkan oleh petugas.

Tahukah anda ada alat – alat apa saja di dalam ruang operasi ? Pada kesempatan ini, penulis ingin berbagi informasi tentang beberapa macam alat – alat medis atau alat kesehatan yang ada di dalam ruang operasi. Mau tau ? Yuk lanjutkan membaca.

Proses operasi biasanya identik dengan pembedahan, oleh karena itu pasti ada alat – alat medis yang digunakan sebagai alat bedah. Yaitu berupa pisau operasi dan berbagai macam alat lainnya. Terus ada apa lagi yah ? Nah berikut ini saya sebutkan alat – alat yang cukup berat di dalam ruangan tersebut.

3 Macam Alat Kesehatan di Dalam Ruang Operasi

1. Mesin Anestesi

Apa itu mesin anestesi ?  mesin ini berfungsi untuk menghilangkan kesadaran pasien yang akan menjalani operasi. Mesin ini berfungsi untuk memberikan obat bius dengan dosis tertentu secara berkala dan juga berfungsi sebgai pengontrol kondisi kesehatan dan kesadaran pasien. Anda bisa bayangkan apabila operasi dilakukan hanya dengan bius biasa ? bisa jadi anda akan merasakan betapa sakitnya dibedah.

2. Meja Operasi

Sebuah meja atau bisa seperti tempat tidur yang berada di tengah – tengah ruang operasi. Inilah meja operasi atau dalam istilah asing itu operating table. Sebuah meja atau tempat yang digunakan untuk meletakkan pasien pada saat menjalani operasi. Meja ini memiliki fitur yang unik dan tidak lain dari yang lain. Tinggi rendah dan kemiringan bisa diatur dan memiliki bentuk – bentuk yang telah didesain untuk memudahkan proses berlangsungnya opersi.

Tahukah anda berapa harga meja ini ? Coba anda tanyakan di toko alat kesehatan yang jual Meja Operasi dengn berbagai merk. Saya yakin anda akan terkejut karena harganya cukup mahal. Harga meja ini mencapai ratusan juta rupiah.

3. Lampu Operasi

Proses bedah Operasi pasti membutuhkan penerangan yang jelas. Untuk itulah lampu operasi merupakan lampu khusus yang didesain sedemikian rupa sehingga cahaya lampu ini tidak membuat dokter dan team medis silau. Dan lampu ini juga memiliki lengan yang bisa diatur panjang dan pendeknya serta posisi kemiringannya.

Masih banyak alat lain yang ada di dalam ruangan ini seperti meja instrument, pasien monitor, dan berbagai macam perlengkapan untuk kebutuhan operasi. Ok, mungkin sampai di sini saja dulu ulasan kita pada kesempatan ini. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *