Usaha ternak lele modal kecil untung berlipat ganda

usaha ternak lele

Usaha ternak lele – memiliki usaha sendiri merupakan impian bagi sebagian orang. Kebanyakan para pelakunya menganggap bahwa memiliki usaha sendiri dapat menjadikan hidup lebih fleskibel dan tidak terkekang. Selain itu berwirausaha ini dapat memberikan manfaat kepada diri sendiri, juga kepada orang lain.

Seperti menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran, melatih diri supaya dapat berkomunikasi dengan orang lain secara baik, melatih berfikir kreatif dalam memasarkan hasil budidaya agar konsumen dapat tertarik dengan apa yang kita pasarkan dan lain sebagainya.

Bagi pelaku wirausaha harus memiliki skill dalam menentukan jenis usaha yang akan digeluti. Perincian modal dan keuntungan yang akan di dapat serta biaya proses produksi harus dikeluarkan dan lainya. Salah satu usaha yang memiliki potensi cukup menggiurkan dan cocok dikembangkan diberbagai daerah yakni usaha ternak lele. Beberapa contoh pemasaran ikan lele seperti: warung makan, restoran, hotel, industry oleh- oleh, abon dan bahan olahan lainya yang sering kita jumpai sehari hari.

Baca Juga : Cara Membuat Ukuran Ikan Lele Lebih Seragam

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam  Membuka Usaha Lele

Ikan lele ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Ikan lele sangat baik untuk kesehatan jantung karena tinggi protein dan rendah lemak. Kandungan phosphor pada ikan lele yang sangat tinggi melebihi telur yang berguna untuk memberikan kekuatan dan energy dalam metabolisme lemak dan pati. Ini sangat berguna untuk menunjang kekuatan gigi dan gusi. Kandungan phosphor ini pula sangat baik untuk janin dan ibu hamil. Berikut ini merupakan hal yang dapat dipertimbangkan dari budidaya ikan lele :

  1. Aspek lahan, untuk budidaya ikan lele ini anda dapat memanfaatkan lahan yang kecil, tidak terlalu banyak air dan memiliki kadar oksigen rendah. Contohnya yakni lahan bekas pertanian yang tidak digunakan.
  2. Aspek proses produksi, lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat cepat mengalami pertumbuhan sehingga memiliki waktu yang relative singkat saat dibudidayakan, yang dapat disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Untuk masalah pakan, lele ini dapat mengkonsumsi limbah rumah tangga seperti sayur dan lain- lain namun apabila anda menginginkan lele dengan kualitas terbaik maka anda bisa memberinya hewan kecil atau larva, atau pellet yang dapat anda dapatkan di toko- toko pakan ternak.
  3. Aspek ekonomi, usaha ternak lele ini dapat dilakukan dengan modal yang kecil dengan memanfaatkan sumber daya yang ada seperti dalam skala rumah tangga. Selain itu ikan lele ini dapat diterima di khalayak umum secara luas dan oleh berbagai lapisan masyarakat. Sehingga kini usaha ternak lele menyuguhkan keuntungan yang cukup menjanjikan untuk jangka panjang.

Suplemen lele agar ikan lebih gesit, lincah dan nafsu makan tinggi

Jadi, anda tertarik untuk menggeluti usaha ternak lele ini? Apabila jawabanya iya maka anda bisa berkonsultasi pada orang yang ahli dalam bidang ini atau pebisnis senior yang lebih dulu menggeluti usaha ternak lele ini. Atau anda bisa mendapatkan referensi dari buku panduan budidaya lele atau artikel- artikel yang tersedia banyak di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *