Penyebab Diare: Menilik Faktor Penyebab Terjadinya Diare Diluar Infeksi Bakteri, Virus, dan Parasit

Diare merupakan masalah krusial dalam bidang kesehatan, yang dewasa ini banyak melanda masyarakat Indonesia dalam semua kategori umur. Penyebab utama permasalahan kesehatan ini, pada umumnya lebih disebabkan karena adanya infeksi bakteri, virus dan parasit yang menyerang pada usus manusia. Penyebab diare ini, dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui beberapa faktor baik yang terkait dengan makanan, pola hidup serta lingkungan tempat tinggal orang yang terserang diare itu sendiri. Permasalahan kesehatan ini, dapat menyebabkan rasa nyeri pada perut hingga ke sekujur tubuh dan mampu berendemi dalam hitungan hari hingga minggu, bergantung pada daya tahan serta imun tubuh pada penderita diare tersebut.

 faktor lain penyebab timbulnya diare

Gejala penyakit diare ini, akan berbeda-beda dari satu penderita dengan penderita lainnya, tergantung pada tingkat keakutan diare yang diderita. Untuk penderita dengan tingkatan yang ringan, pada umumnya pada awal menderita diare, penderita akan merasakan sakit perut yang disertai dengan tinja yang tidak terlalu encer. Namun hal ini akan berbeda dengan penderita dengan tingkatan diare yang berat, kram pada bagian perut dengan rasa sakit yang hebat, serta bentuk tinja sangat cair akan dialami oleh penderita. Bahkan beberapa kasus diare juga dapat menyebabkan demam yang tinggi pada penderitanya.

Selain disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan parasit yang ada dalam tubuh manusia, penyebab penyakit diare lainnya, juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain. Adapun faktor penyebab terjadinya diare diluar infeksi bakteri, virus dan parasit, antara lain adalah:

faktor penyebab terjadinya diare diluar infeksi bakteri, virus dan parasit

  • Efek samping dari rutinitas mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Pengaruh dari faktor psikologis yang dialami oleh seseorang, misalnya dalam keadaan gelisah ataupun stress yang berlebihan.
  • Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kopi dan minuman beralkohol.

Jika seseorang telah terkontaminasi dengan penyakit diare ini, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencegah agar diare tersebut tidak bertambah parah. Minumlah cairan dengan porsi yang cukup besar, untuk menghindari terjadinya dehidrasi dalam tubuh, akibat cairan yang terus dikeluarkan bersamaan dengan fesses. Konsumsilah oralit ketika mengalami diare, dan segera konsultasikan masalah kesehatan Anda pada dokter. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memperparah diare yang Anda alami tersebut.

Untuk menghindari terjadinya penyakit diare ini, maka cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah menghilangkan penyebab diare itu sendiri. Menjaga pola makan, kebersihan badan, serta lingkungan sangat disarankan bagi Anda, untuk mencegah munculnya berbagai kuman bakteri, virus ataupun parasit yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit diare dan berbagai jenis penyakit lain. Selalu cuci tangan Anda setelah melakukan berbagai aktivitas dan gunakan selalu Lifebuoy sebagai sabun antiseptik terbaik dalam keluarga Anda, agar Anda terhindar dari berbagai kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1174675/waspada-inilah-bakteri-bakteri-penyebab-diare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *