Apakah Bisnis Anda Membutuhkan Dewan Penasehat?

Menumbuhkan perusahaan anyar bisa menjadi tantangan, terutama jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman kewirausahaan. Bagi beberapa pemula, jawaban atas dilema ini adalah menyiapkan dewan penasihat.

Menurut Entrepreneur.com , dewan penasehat adalah sekelompok kecil profesional bisnis yang telah dipilih untuk membantu memberi saran kepada pemilik bisnis mengenai masalah pemasaran, penjualan, pembiayaan, dll. Individu-individu ini dapat membimbing para pendiri melalui beberapa rintangan dan pertumbuhan Rasa sakit mendapatkan bisnis dari tanah. ingin mulai investasi ini cara menabung saham untuk pemula

Tidak seperti dewan direksi perusahaan , dewan penasihat bersifat informal dan tidak resmi, dan dapat disusun sedemikian rupa sehingga sesuai dengan perusahaan Anda.

Mengapa membuat dewan penasehat?

Memiliki dan memanfaatkan jaringan penasihat dapat benar-benar membantu Anda saat Anda membangun bisnis Anda, kata Jeb Ory, CEO perangkat lunak penggalangan dana Phone2Action .

“Menciptakan dewan penasihat adalah cara yang bagus untuk mengundang pemimpin industri ke dalam hubungan yang berkelanjutan dengan perusahaan Anda sehingga mereka dapat menjadi mitra kesuksesan Anda,” kata Ory. “Mereka bisa menjadi papan pengumuman, memberikan perkenalan kepada calon penyandang dana dan klien, dan mereka dapat memberikan validasi publik untuk bisnis Anda.”

Keunggulan ini bisa sangat penting bagi pemula yang berada pada tahap awal pendanaan. [Lihat Cerita Terkait: Memulai Bisnis? 7 Pengusaha Berbagi Kisah, Saran ]

“Dewan penasehat adalah cara terbaik untuk mendapatkan saran bisnis bijak tapi juga mengisi kesenjangan dalam tim Anda,” kata Neeraj Sharma, kepala pertumbuhan di Rally , sebuah perusahaan yang menyelenggarakan acara bertenaga kerumunan. “Membawa ahli materi pelajaran dapat membantu Anda memastikan fungsi bisnis penting ditangani, bahkan jika stafnya belum tepat.”

Dewan tidak hanya untuk startup dengan pertumbuhan tinggi. Ory mengatakan bahwa bahkan sebuah perusahaan konsultan atau penyedia layanan kecil pun bisa mendapatkan keuntungan dari dewan penasehat, karena mendapatkan lebih banyak perspektif dan koneksi dapat membantu setiap pengusaha sukses.
Sharma mengatakan sebaiknya menunggu untuk menyiapkan dewan penasihat Anda sampai konsep Anda benar-benar selesai dan Anda mulai melihat daya tarik.

Siapa yang harus melayani di papan tulis?

Setelah Anda siap untuk membangun dewan Anda, yang mana dari kontak dan pemimpin industri Anda jika Anda meminta untuk menanganinya? Minimal, Wirausahawan merekomendasikan para ahli bidang hukum, akuntansi, pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan di forum Anda. Jika mau, Anda bisa bertanya kepada pengusaha sukses lainnya yang mengerti dasar-dasar menjalankan bisnis.

Ory menasehati mencari keanekaragaman saat memilih anggota dewan.

“Anda ingin mengelilingi diri Anda dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang memiliki perspektif yang berbeda,” katanya.

Mungkin tergoda untuk membawa “nama besar” di industri Anda, tapi Ory memperingatkan agar tidak mengundang orang hanya untuk publisitas.

“Jika orang yang Anda dekat dengan dewan Anda tidak dapat melakukan satu jam dalam sebulan untuk membantu, terutama dalam satu sampai dua tahun pertama bisnis Anda, kemungkinan besar akan bermanfaat untuk tujuan PR,” katanya.

Cara kerja dengan board anda

Ketika bertemu dengan anggota dewan penasihat Anda, staf Pengusaha menulis bahwa Anda dapat membawa setiap orang bersama setiap bulan atau dua bulan, atau bertemu dengan masing-masing penasihat secara terpisah sesuai kebutuhan.

“Itu sangat tergantung pada kebutuhan bisnis Anda, apa yang Anda sukai dan dinamika yang ingin Anda kembangkan antara penasihat Anda,” kata artikel tersebut .

Penting untuk diingat bahwa dewan penasehat Anda seharusnya tidak hanya menawarkan tip sesekali atau melayani sebagai orang yang benar; mereka perlu menambahkan nilai riil, kata Sharma. Ory setuju, mencatat bahwa anggota dewan yang baik bersedia menggulung lengan baju mereka dan membantu Anda sukses.

“Salah satu anggota dewan kami membuat pengantar untuk mitra yang kini menjadi klien kunci selama dua tahun terakhir,” katanya kepada Business News Daily. “Itulah jenis dukungan yang Anda butuhkan saat menumbuhkan perusahaan Anda.”

Akhirnya, Ory mengatakan bahwa anggota dewan Anda harus mendorong Anda dan menantang Anda untuk mengevaluasi masalah dengan cara yang berbeda.

“[Dewan] harus membantu, tapi juga manajemen tantangan,” tambah Sharma. “Dewan yang hanya sependapat dengan Anda sepanjang waktu tidak harus mengemudikan nilai terbaik, jadi carilah anggota yang … memiliki disiplin dan kekuatan untuk mendorong perubahan nyata jika dibutuhkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *