Harga AC Panasonic R410A Dibandingkan Tipe Lainnya

Harga AC Panasonic R410A terbaru saat ini terbilang masih flat. Bukan harga yang harus diperhatikan, namun sebenarnya pada kualitas dan kemampuan dari AC tersebut. R22, R32, R410 merupakan jenis-jenis freon yang biasa dipakai pada alat elektronik AC. Saat ini, AC merk Panasonic sudah tidak lagi memproduksi AC dengan freon R22. Tidak hanya Panasonic, semua AC baru yang ada di Indonesia sudah tidak diperbolehkan lagi menggunakan freon jenis ini sejak tahun 2015. Hal ini dikarenakan freon tersebut sangat berbahaya bagi lingkungan. Khususnya dapat merusak lapisan ozon yang ada di bumi. Saat ini produk AC dari Panasonic menggunakan freon yaitu jenis R410A, dan R32. Sedangkan R290 sebagai freon yang paling aman tidak digunakan, karena memiliki nilai index dingin yang cukup rendah. Ketiga  freon tersebut adalah jenis freon yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Nominal Ozone Depletion Potential (ODP) ketiganya juga bernilai 0, yang berarti tidak berbahaya. Sedangkan pada jenis R22 memiliki nilai ODP yaitu 0,05.

Secara sekilas AC Panasonic dengan freon R410 lebih berbahaya dari segi potensi pemanasan global. Bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan R22. Namun rupanya saat ini masih banyak digunakan karena freon ini tidak mudah terbakar seperti R32. Meskipun begitu, R32 dapat dikatakan cukup aman. Bahkan meskipun sebuah rumah terbakar, AC dengan freon R32 tidak akan meledak. Pabrikan AC Panasonic saat ini paling banyak menggunakan jeni freon R32 karena tingkat keamanan yang baik dan index dingin yang cukup tinggi. Sehingga selain aman R32 dapat mendinginkan ruang dengan lebih cepat. Dari segi harga mungkin R410A akan lebih murah terlebih untuk harga AC Panasonic 2018. Namun jika dilihat dari potensi bahayanya, alangkah lebih baiknya jika pengguna menggunakan AC Panasonic dengan freon R32.

Itulah sedikit ulasan terkait freon yang digunakan pada AC Panasonic. Satu hal yang perlu anda ketahui, anda tidak boleh mengganti komponen freon yang dimiliki sebuah AC dengan jenis yang berbeda. Karena hal itu akan berbahaya baik bagi AC itu sendiri atau bagi keselamatan penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *