3 Bukti E-Commerce Bermanfaat Untuk Industri Konstruksi

Dunia industri konstruksi dewasa ini akhirnya mengalami manfaat menggunakan e-commerce untuk membeli, menjual dan menyewakan peralatannya. Seorang manajer proyek konstruksi hari – harinya bekerja di telepon menghubungi perantara atau perantara menghubunginya untuk mencari sumber barang yang dibutuhkan untuk proyeknya atau membuang persediaan sisa proyeknya.  E-commerce, dan penggunaannya melalui tablet dan smartphone, telah mengubah prosesnya secara radikal, sehingga meningkatkan kecepatan transaksi dan menurunkan biaya.

Namun, banyak perusahaan konstruksi terus bergantung pada kenyamanan penggunaan peralatan dan pelelangan material yang difasilitasi oleh pihak ketiga misal sekedar untuk mengelola kebutuhan semen untuk proyek konstruksinya. Di dunia digital saat ini segala kebutuhan proyek konstruksi seperti semen dapat Anda dapatkan didunia online/ E-commerce seperti di Indotrading.com. Produsen besar seperti Semen Tiga Roda, Semen Gresik, Semen Indonesia, dll pun sudah mulai merambah dalam dunia digital dalam proses penjualannya. Praktik penggunaan e-commerce telah lama menjadi konsep asing bagi industri ini, Indotrading berpendapat perusahaan konstruksi harus mempertimbangkan untuk menerapkan penggunaan e-commerce Indotrading.com  karena berbagai alasan.

  1. KECEPATAN PENGIRIMAN

Kecepatan pengiriman adalah keuntungan yang nyata dan dapat diekspresikan dalam banyak cara karena berkaitan dengan penggunaan e-commerce dalam industri konstruksi. Menggunakan e-commerce Indotrading.com menawarkan manajer proyek kemampuan untuk melepaskan atau berbelanja dan membeli peralatan dan materi secara online dalam hitungan menit, berbanding beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Pesanan dapat dengan cepat ditransaksikan, dikirim dan dilacak secara real time dalam perjalanan ke lokasi. Manajer juga dibebaskan untuk lebih fokus pada operasi sambil menunggu atau mengirimkan barang mereka karena sebagian besar logistik transportasi dikelola oleh distributor online. Selain itu, penggunaan e-commerce membantu memenuhi permintaan pelanggan yang berubah dengan cepat, memungkinkan respons cepat dan gesit. Hal ini penting untuk memastikan pelanggan mencapai hasil bottom line dan juga mengurangi waktu tunda proyek, menyelesaikan lebih cepat dan lebih efisien.

  1. PENJUALAN PERALATAN

Pasar peralatan surplus dan bekas sangat terfragmentasi dan rumit, dengan banyak jalur dan perantara antara pembeli dan penjual. Dengan begitu banyak peserta di pasar, nilai bagi pelanggan telah digantikan oleh proliferasi margin. Penggunaan solusi e-commerce menawarkan pilihan yang berbeda kepada pembeli untuk membeli, menjual dan menyewakan secara online, sehingga menghilangkan kebutuhan orang dan memungkinkan penghematan biaya.

  1. KURANG LIMBAH

Manfaat lain yang tidak disengaja untuk menggunakan e-commerce Indotrading.com dalam industri konstruksi adalah penghapusan praktik boros. E-commerce memungkinkan manajer proyek mendapatkan materi yang ramah lingkungan. Selanjutnya, peralatan dan bahan yang biasanya diletakkan dan dibuang di halaman belakang dapat dengan cepat didaur ulang, dijual kembali secara online dan diangkut untuk digunakan di tempat lain.

Sementara banyak industri menggunakan e-commerce secara reguler, konstruksi lamban untuk mengadopsi dan menyadari sepenuhnya manfaat yang diberikannya untuk pengadaan peralatan dan bahan. Jika industri melompat pada tren ini, perusahaan konstruksi dapat memperkirakan biaya yang lebih rendah, jadwal proyek yang lebih cepat dan kondisi lingkungan yang lebih baik. Sebuah win-win solution untuk semua yang terlibat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *