Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Utara

Kita mungkin saja ketahui sedikit potongan histori dari Kalimantan Utara pastinya kita dapat memikirkan mengenai peninggalan kuno dari masa kesultanan. Dalam artikel kesempatan ini kita juga akan mengulas mengenai kesenian alat musik tradisionil dari Kalimantan Utara.

Alat Musik Tradisionil Kalimantan Utara

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Gambar Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Kalimantan Utara punya banyak sekali kearifan lokal atau warisan budaya yang benar-benar harus kita jaga bersama agar selalu ada dan tidak punah atau bahkan diambil oleh negara lain. Dibarengi dengan terdapatnya pemakaian serta pengembangan adalah satu diantara langkah yang baik untuk mempromosikan budaya serta kearifan lokal dengan terus-terusan, supaya paling tidak kita mengenalkan diri di mata Internasional.

1. Babun

Babun merupakan Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara yang bahan utama untuk membuatnya adalah dari kayu lalu akan tersusun rapi di kulit hewan pada setiap lubang-lubang yang terdapat pada badan Babun. Babun berupa seperti gendang serta langkah memainkannya juga sama, yakni dipukul seperti gendang. Babun dapat juga anda jumpai di daerah Kalimantan Selatan.

Alat musik tradisionil Babun nyaris dapat kita jumpai nyaris disetiap Kabupaten serta Kota-kota di sana, umumnya di mana ada Babun disitu ada group tari-tarian daerah atau group wayang kulit yang turut menyemarakkan situasi karna Babun dipakai jadi alat musik pengiring pada acara itu, pemain Babun juga lakukan tehnik yang tidak sama bergantung dari suasananya.

Biasanya pemain Babun duduk sila waktu memainkan alat musik tradisionil ini, peletakan dari Babun juga bebas sesuai sama apa yang diinginkan pemain karna ketrampilan orang serta kidal atau tidaknya orang tidak sama. Ada 2 tipe dalam suatu permainan Babun, hal ini dibedakan berdasarkan penempatan tergantung dari pemainnya, jika pemain kidal maka sisi rumpiang diletakkan pada bagian kiri sedangkan bagian pambaduk berada di samping kanan. i serta Pambaduk hanya sebutan untuk bebrapa bagian Babun.

Alat musik tradisionil Kalimantan Utara ini dapat juga dipakai jadi instrumen pengiring dalam “gamelan” dan “musik panting”, peranannya juga berbagai macam. Babun bisa berfungsi sebagai penentu irama pada suatu gerakan atau langkah pada tari-tarian dan babun dapat berguna juga sebagai pengatur irama pada lagu. Bila anda menginginkan coba memainkan alat musik tradisionil ini, yakinkan tidak untuk tutup lubang udaranya supaya suaranya tidak terhalang.

2. Gambang

Gambang yaitu satu alat musik tradisionil Kalimantan Utara yang terbuat berbahan paling utama kayu/bambu serta berbilah-bilah sejumlah 18 buah. Gambang mempunyai resonator yang berupa seperti perahu dengan sisi atas kotak nada itu dilapis dengan sebagian bilah kayu tidak tebal berupa persegi panjang. Sisi ujung pangkal resonator Gambang berupa piramid, berperan untuk penutup sisi pangkal itu.

Gambang dimainkan lewat cara dipukul memakai alat jam yang sisi ujungnya dibalut dengan kain supaya hasilkan nada yang indah tanpa ada mengakibatkan kerusakan kepingan logamnya. Alat musik Gambang me punyai tangga suara yang tidak sama pada 17 sampai 21 bilah (Mayor, Minor, serta Gregorian).

Suara paling rendah berupa bilah yang ukurannya terpanjang serta terlebar sedang suara teratas berupa pendek, tidak tipis serta lurus seperti trapesium. Untuk tingkatkan suara, umumnya bilah ini dipotong atau ditipiskan di bagian ujungnya. Sedang untuk merendahkan suara umumnya ditipiskan di bagian tengah (perut) -nya.

3. Rebab

Berdasarkan yang saya kutip dari alatmusik.org, Rebab memanglah cukup seringkali namanya kita dengar di beberapa daerah spesifik di Nusantara, keberadaannya yang beda dikarenakan ada budaya timur yang masuk ke Indonesia memanglah tidak dapat kita tempis dari histori ada Rebab.

Jadi satu diantara alat musik tradisionil Kalimantan Utara, Rebab digunakan untuk beragam jenis tujuan dari mulai asambel pada musik sampai pengiring upacara kebiasaan dibeberapa daerah. Rebab itupun sendiri telah cukup populer tidak cuma di Indonesia tetapi namanya telah terdengar sampai Asia Tenggara.

Di daerah seperti Jawa, Rebab juga mempunyai jenis serta nama panggilan sendiri. Ada yang membuatnya dari 1/2 tempurung kelapa, ada pula yang buat kotak nada itu dari logam serta kulit sapi serta menghiasnya dengan ukiran-ukiran indah. Rebab juga dipakai pada Gamelan Jawa jadi satu diantara instrumen perlu yang dapat menghiasi melodi basic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *