Mengatasi Anak Emosional Paling Efektif

Mempunyai anak yang mudah marah merupakan problem tersendiri bagi orang tua. Seringkali orang tua bingung metode apa yang bisa digunakan untuk mengatasi anak yang emosional. Berikut untuk Anda para orang tua beberapa tips mengatasi anak emosional.

  1. Bersikap Tenang, Jangan Ikut Emosi

Langkah awal ketika anak Anda marah adalah jangan ikut emosi. Anda harus tenang terlebih dahulu. Jika Anda tenang maka anak akan merasa lebih tenang. Akan tetapi jika Anda emosi maka anak Anda akan tambah marah. Anak juga akan mencontoh bagaimana Anda marah dan akan menirukan cara Anda marah lain waktu.

  1. Menanyai Penyebab Anak Marah

Dengan bersikap tenang, Anda bisa menanyainya baik-baik, kenapa ia marah dan apa maunya. Dengan Anda menanyai anak penyebab kemarahannya, maka  anak akan merasa bahwa ia didengar dan diperhatikan. Jangan langsung memarahi balik anak Anda.

  1. Sering Memeluknya

Salah satu cara mengatasi anak emosional adalah memeluknya. Ketika anak Anda marah akan lebih baik jika Anda memeluknya daripada memukulnya. Jangan ajari anak Anda kekerasan, ajarilah kelembutan maka anak Anda akan menirukan kelembutan yang diberikan orang tuanya.

  1. Mendampingi Anak dalam Menonton Tv dan Bermain Gadget

Kita patut mencurigai penyebab anak menjadi emosional adalah karena sering menonton acara televisi atau sering bermain gadget. Maka tidak ada salahnya jika Anda tetap memantau apa yang anak lihat di tv dan gadget mereka. Lebih baik lagi jika Anda mendampingi mereka saat menonton tv.

  1. Mencontohkan Perilaku Baik Pada Anak

Salah satu yang membuat anak kita emosional itu adalah karena sering melihat orang tahunya marah. Anak akan menangkap kalau marah adalah satu-satunya cara agar kehendaknya dituruti. Hal itu tentu tidak baik bagi perkembangan si anak. Oleh karena itu, kita harus mencontohkan perilaku yang baik pada anak. Selalu bersikap tenang ketika mendapat masalah dan jangan perlihatkan kemarahan Anda di depan anak.

Demikianlah tips dalam mengatasi anak emosional. Redakan emosi si anak dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *