Cara Memecahkan Pengangguran di Negara Indonesia

Pengangguran adalah masalah global yang terjadi di negara maju dan berkembang. Bukti utama adalah bahwa bahkan negara-negara maju berjuang dengan masalah pengangguran. Organisasi buruh internasional telah menyebutkan statistik baik yang bekerja dan menganggur pada tahun 2017 yang menyatakan bahwa sekitar 10% penduduk dunia menganggur dan pemuda adalah orang-orang yang menganggur yaitu pengangguran kaum muda .

Pemerintah dan individu harus mengambil langkah perbaikan yang tepat untuk memecahkan masalah pengangguran dan mengembangkan ekonomi negara melalui pekerjaan.

1. Kebijakan tentang pengangguran musiman:

Pengangguran musiman ditemukan di sektor pertanian dan industri berbasis agro.

Untuk menghapusnya:

(a) Pertanian harus memiliki banyak tanaman,

(b) Perkebunan, hortikultura, perantaraan dan peternakan harus didorong,

(c) Industri rumahan harus didorong.

2. Perubahan dalam sistem pendidikan:

Pola pendidikan harus benar-benar berubah. Siswa yang menyukai untuk studi yang lebih tinggi harus diterima di perguruan tinggi dan universitas. Penekanan harus diberikan pada pendidikan kejuruan. Insinyur yang berkualitas harus memulai unit kecilnya sendiri.

3. Perluasan bursa kerja:

Lebih banyak bursa kerja harus dibuka, khususnya kerja online. Informasi tentang peluang kerja harus diberikan kepada orang-orang.

4. Lebih banyak bantuan untuk orang yang bekerja sendiri:

Kebanyakan orang di Indonesia bekerja sendiri. Mereka bergerak di bidang pertanian, perdagangan, pondok dan industri skala kecil, dll. Orang-orang ini harus dibantu secara finansial, menyediakan bahan mentah dan pelatihan teknis.

5. Pekerjaan penuh dan lebih produktif:

Tujuan utama dari kebijakan ketenagakerjaan daerah adalah untuk meningkatkan kesempatan kerja dan produktivitas tenaga kerja. Pemerintah harus mengadopsi kebijakan yang memberikan pekerjaan kepada semua orang. Apalagi di era teknologi saat ini, pekerjaan online memang sudah cukup banyak diminati.

6. Peningkatan Produksi:

Untuk meningkatkan lapangan kerja, penting untuk meningkatkan produksi di sektor pertanian dan industri. Pengembangan industri kecil dan rumahan harus didorong.

7. Lebih penting untuk program ketenagakerjaan:

Dalam rencana lima tahun lebih penting harus diberikan kepada pekerjaan. Program-program seperti irigasi, jalan, pengendalian banjir, listrik, pertanian, elektrifikasi pedesaan dapat memberikan pekerjaan yang lebih baik kepada masyarakat.

8. Tingkat pembentukan modal yang tinggi:

Tingkat pembentukan modal di negara itu harus dipercepat. Pembentukan modal harus secara khusus didorong dalam kegiatan-kegiatan yang menghasilkan peluang kerja yang lebih besar. Rasio output modal harus dijaga rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *