Jenis-Jenis Perkantoran yang Disewakan

Terdapat 3 jenis perkantoran yang disewakan, yakni:

Hasil gambar untuk coworking space

1. Kantor Sewa Umum

Kantor sewa umum sama seperti di Jepang, memanfaatkan sebagian lantai gedung perkantoran dengan perjanjian sewa menyewa. Luas ruang sewanya tidak sedikit yang bisa dipakai untuk orang dengan jumlah sedikit layaknya di Jepang, tapi hampir semua luas ruangannya rata-rata di atas 100 m2 (ada juga yang pemakaiannya dibagi-bagi tapi jarang).

Saat serah terima atau keluar dari ruangan sewa, pada prinsipnya kondisinya skeleton (tinggal tulang belulang yaitu kerangka bangunan saja seperti tiang, balok bubungan, lantai dan lain-lain) sebab interiornya perlu dikerjakan. Di dalam ruang sewa tidak bisa dibuat toilet atau ruang pemasok air panas (pantry) karena itu di setiap lantai bangunan disediakan toilet, dan pantry untuk dipakai bersama.

Selain itu, pada prinsipnya dilarang merokok di dalam ruang sewa, sedangkan tempat untuk merokok di masing-masing gedung perkantoran ditentukan tempatnya.
Dari segi keamanan, petugas keamanan harus ditempatkan di lantai dasar dan di pintu keluar masuk tempat parkir. Terkadang ada yang tidak bisa lewat pintu gerbang bila tidak memiliki kartu akses khusus.

Waktu penggunaan ruang sewa ditentukan oleh tiap-tiap gedung, karena itu bila akan lembur kerja sebelumnya perlu mengajukan perpanjangan waktu (dikenakan biaya perpanjangan waktu).(sebabnya karena pendingin AC dibuat sentral, bila lewat dari waktu pemakaian ruang sewa maka akan dimatikan sehingga perlu mengajukan perpanjangan waktu).

2. Kantor SOHO / Apartemen SOHO

SOHO adalah singkatan dari Small Office/Home Office.

ipe SOHO ini merupakan properti yang tentu saja dipakai sebagai perkantoran, tapi bisa digunakan sebagai hunian. Luas ruang sewa rata-rata mulai dari 70m2 sampai sekitar 150m2. Karena ruang sewa bisa dipakai juga sebagai hunian, maka kondisinya bukanlah skeleton seperti kantor sewa umum, di mana untuk tipe ini tersedia fasilitas interior sekedarnya (fasilitas interior seperti dapur, toilet, kamar mandi, lantai, dinding, dan lain-lain).

Dalam ruangannya bertipe maisonette (rumah kecil), digunakan khusus sebagai kantor dan rumah, di mana bisa dipakai sesuai kebutuhan pelanggan seperti lantai 1 dijadikan kantor dan lantai 2 dijadikan hunian.

Selain itu, tidak ada ketentuan waktu pemakaian seperti kantor sewa umum, di mana pendingin AC pun dipasang sendiri-sendiri karenanya dapat digunakan bebas selama 24 jam.

Untuk keamanan, sama seperti kantor sewa umum dan apartemen di mana petugas keamanan harus ditempatkan di lantai dasar dan di pintu keluar masuk tempat parkir, serta keluar masuk pintu gerbang menggunakan kartu akses khusus.

Tersedia fasilitas umum seperti

  • kolam renang,
  • fitness center,
  • restoran,
  • ATM,
  • tempat parkir,
  • dan lainnya.

3. Kantor berlayanan

Perusahaan pengelola membeli atau mengontrak sewa beberapa lantai di gedung perkantoran untuk dijadikan kantor berlayanan dengan menambahkan berbagai layanan seperti telepon, internet, layanan pengganti mail, kebersihan dalam ruangan, dan sebagainya yang ditujukan untuk korporasi dan lain-lain.
Lantai gedung dibagi-bagi menjadi tempat penerimaan tamu, ruang sewa, ruang rapat, lounge bisnis, pantry, tempat foto kopi/faksimili, dan lain-lain, di mana ruang sewa dipakai khusus, sedang ruang rapat atau lainnya digunakan bersama-sama.

Di dalam ruang sewa sudah tersedia meja, kursi, telepon, kabinet, dan lain-lain. Luas ruang sewa pun disediakan mulai dari space kecil sekitar 10m2 yang bisa dipakai oleh sedikit orang yaitu 2-3 orang.
Seperti ini disediakannya interior kantor dan furnitur serta peralatan kantor yang diperlukan, sehingga begitu kontrak ditandatangani, segera bisa dipergunakan.

Mengenai keamanan, sama seperti kantor sewa umum di mana petugas keamanan harus ditempatkan di lantai dasar dan di pintu keluar masuk tempat parkir, serta kartu akses khusus untuk keluar masuk.
Waktu penggunaan ruang sewa bila diluar jam yang sebelumnya sudah ditentukan, pendingin AC akan dimatikan karena itu perlu permohonan untuk perpanjangan waktu (ada juga yang tidak bisa mengajukan permohonan perpanjangan waktu).

Ruang rapat atau lainnya merupakan fasilitas yang dipakai bersama, tapi ada kalanya tidak bisa dipakai secara bebas kapan saja. Selain itu, ada yang dilengkapi layanan opsi namun perlu berhati-hati karena ada juga kasus di mana harganya menjadi lebih mahal tergantung pilihan opsi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *