Cara Mengatasi Anak Alergi Susu Formula

Alergi pada susu bisa dengan mudah untuk dialami oleh seorang anak. Biasanya alergi susu ini memang terjadi karena anak tidak cocok dengan susu yang dikonsumsi namun ada juga alergi yang memang terjadi karena sebuah riwayat keluarga. Jika pada dasarnya di keluarga sudah mempunyai riwayat seperti asma dan beberapa riwayat lainnya membuat anak anda menjadi lebih mudah mengalami sebuah alergi. Pada dasarnya terjadinya sebuah alergi ini dikarenakan ketidakcocokan kandungan susu yang diminum anak. Jika anak anda mengalami sebuah alergi maka anda bisa dengan mengetahuinya dengan beberapa ciri yang menunjukan bahwa ada sebuah reaksi alergi. Jika anak anda mengalam sebuah alergi maka biasanya anak anda akan menunjukan beberapa hal yang tidak normal. Gajala alergi ini bisa muncul dengan beberapa respon. Namun pada umumnya seorang anak yang mengalami alergi dengan susu formula akan menunjukan seperti keadaan anak yang lebih lemas, terjadi diare, keluarnya BAB yang cair bahkan bisa juga mengeluarkan darah ketika BAB, perut menjadi lebih kembung, terjadinya kram pada perut, dan munculnya ruam pada tubuh anak. Jika anda mendapatkan keadaan anak anda menjadi seperti itu sehabis mengkonsumsi susu maka anda bisa menyimpulkan bahwa anak anda mengalami sebuah alergi pada susu. Anak alergi susu memang sering terjadi pada beberapa anak ketika sudah aktif menggunakan sebuah susu. Namun tidak semua anak pasti mengalami alergi pada susu, tentu saja riwayat anak yang satu dengan yang lain juga berbeda sehingga tidak semua anak akan mengalami alergi ini.

Jika sudah pasti bahwa anak anda mengalami sebuah alergi pada susu maka anda bisa memberikan pertolongan dengan membawanya ke dokter untuk mendapat penangan yang lebih baik. Biasanya doker akan memberikan obat – obatan untuk menyembuhkan alergi dan mengatasi rasa ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh alergi tersebut. Untuk penanganan yang lebih tepat yang harus anda lakukan untuk tidak membuat anak anda mengalami alergi lagi adalah dengan lebih memilih makanan yang akan diberikan. Jika anak anda alergi terhadap susu formula anda harus menghindarkan susu tersebut dalam beberapa saat. Hal ini dikarenakan biasanya alergi akan menghilang ketika anak sudah beranjak lebih dewasa. Hal ini biasanya terjadi, namun ada juga beberapa anak yang sudah dewasa tetap saja mengalami alergi dengan susu formula. Tentu saja setiap anak dengan anak yang lainnya berbeda sehingga untuk penanganannya terbilang berbeda. Bahkan jika seorang anak sudah mengalami alergi yang terbilang parah maka dokter biasanya akan memberikan sebuah obat suntikan, dimana suntikan tersebut akan diberikan kepada anak yang bisa dibawa pulang. Suntikan ini biasanya harus segera diberikan ketika gejala alergi timbul mendadak. Sehingga biasanya anda akan diajarkan untuk menggunakan alat suntik tersebut dan diajarkan cara penggunaannya sehingga ketika anak anda mengalami alergi lagi anda bisa dengan mudah memberikan tindakan yang lebih baik. Namun jika alergi ini masih dibilang tidak parah biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin tanpa diberikan suntikan, bahkan ada juga beberapa anak yang menderita alergi terhadap susu namun masih bisa mengkonsumsi yoghurt. Walaupun pada dasarnya di yoghurt masih ada kandungan susunya.

Biasanya jika anak anda sudah mendapatkan alergi pada susu formula maka dokter akan menyanrankan untuk berganti susu formula dengan susu kedelai. Tentu saja susu kedelai lebih aman untuk dipakai oleh anak anda dan bisa menghindarkan alergi. Untuk pemenuhan kebutuhan juga bisa didapatkan menjadi lebih mudah lagi. Namun lebih aman lagi jika anda mengkonsultasikan kembali hal tersebut kepada dokter, biasa saja anak anda alergi dengan susu formula bahkan dengan susu kedelai. Tentu saja anda harus melakukan hal ini untuk bisa mengetahui keadaan dari anak anda sendiri. Jika anda sudah

mengetahui hal pada yang harus anda lakukan ketika anak anda mengalami sebuah alergi maka untuk selanjutnya anda bisa mengetahui cara untuk mengindari munculnya alergi ini. Hal yang harus anda lakukan untuk menghindari alergi ini anda harus menghindari produk – produk yang mengandung susu baik susu maupun makanan olahan yang mengandung susu. Anda bisa memeriksa pada kemasan untuk mengetahui kandungan yang ada di dalam maknan tersebut apakah ada kandungan susunya atau tidak. Hal ini harus anda lakukan dimanapun anda makan, hal ini dikarenakan banyak bahan makanan yang menggunakan bahan dasar dari susu. Beberapa bahan makanan yang bisa mengandung susu adalah keju, mentega, yoghurt, dan masih ada banyak bahan yang mengandung susu. Maka dari itu anda harus selalu mengecek apakah bahan makanan yang akan anda berikan pada anak anda mengandung susu, jika mengandung susu maka anda bisa berganti memesan menu yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *