Manfaat Yoga Bagi Tumbuh Kembang Anak Autisme

Memiliki anak yang menderita autisme atau berkebutuhan khusus, memang harus diperhatikan dengan baik. Orang tua harus mencari cara untuk mengembangkan kemampuan otak anak. Saat ini ada banyak sekali yang bisa digunakan anak autisme. Salah satunya olahraga yoga. Banyak manfaat yang bisa orang tua dapatkan jika mengajak anak autisme melakukan yoga. Berikut ini manfaat yoga bagi tumbuh kembang anak autisme.

Meningkatkan Kemampuan Sosial dan Berbahasa

Ada banyak gerakan yoga, yang bisa meningkatkan kemampuan integrasi otak. Semua gerakan saling terstuktur, sehingga akan membuat perkembangan otak semakin baik. Anak bisa belajar berbicara dengan lebih mudah. Kemampuan sosial dan berbahasanya pun semakin meningkat. Tentunya gerakan yang dilakukan harus tepat dan sesuai kebutuhan anak.

Meningkatkan Integrasi Sensoris

Tidak hanya meningkatkan integrasi otak, yoga juga mampu meningkatkan integrasi sensoris. Sehingga rangsangan pada anak semakin terlatih. Rangsangan pada kelima indra, seperti penciuman, penglihatan, pendengaraan. Perabaan dan pengecap semakin baik. Pada anak autisme, jika gangguan ini dibiarkan akan membuat anak kesulitan dalam menerima rangsangan sensori. Tetapi dengan gerakan yoga akan membuatnya semakin baik.

Kesehatan Mental Semakin Baik

Dengan melakukan gerakan yoga, akan membuat tumbuh kembang anak semakin baik. Termasuk kesehatan mental pada anak autisme. Anak autisme lebih mudah mengalami depresi dan kecemasan. Dengan pelatihan meditasi dan pernapasan pada yoga, akan membuat anak autisme mampu mengontrol kecemasaannya. Kesehatan mental anak pun semakin baik, dia mampu meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya/

Meningkatkan Kemampuan Gerakan Motorik

Gangguan motorik kasar dan halus sering dialami oleh anak autisme. Dengan yoga, bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Anak akan lebih peka dengan fungsi anggota tubuhnya. Lakukan gerakan yang mampu mengontrol koordinasi dan keseimbangan tubuh. Anak akan lebih mengendalikan dan mengontrol gerakan tumbuhnya dengan baik.

Mengontrol Hiperaktivitas Anak

Anak yang autisme pasti selalu hiperaktiv dan susah dikontrol. Dengan melakukan yoga, anak-anak bisa menggunakan energinya untuk hal yang lebih baik. Dia mampu mengontrol aktivitas tubuhnya, energi yang berlebih bisa digunakan untuk melakukan gerakan yoga.

Masalah Tidur Teratasi

Penderita autisme sering mengalami susah tidur. Pola tidurnya tidak teratur, sehingga mempengaruhi kondisi kesehatannya. Dengan melakukan yoga, akan membantu mengatasi masalah tidur. Karena anak sudah melakukan berbagai kegiatan setiap harinya. Lalu ketenangan dan kenyamanan di tubuhnya pun meningkat, sehingga dia bisa tidur dengan nyenyak.

Untuk mengajak anak autisme belajar yoga, memang butuh perhatian ekstra. Awal latihan anak mungkin sulit dikendalikan, karena dia sibuk dengan hal yang ia sukai. Anda harus terus fokus dan mengajarkan dengan baik. Sehingga tumbuh kembang anak semakin meningkat. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *