Sebelum Membeli Laptop Baru, Lakukan Beberapa Hal Ini

Apa yang harus dilakukan saat menggunakan laptop baru untuk pertama kalinya
Tutorial atau langkah-langkah untuk menggunakan laptop baru untuk pertama kalinya dapat digunakan hampir pada semua merek. Baik Asua, Dell, Lenovo, MSI, HP (hawleetvpackard), Acer, Samsung, Toshiba, Fujitsu, dan sebagainya. Titik penting dari pembangkit ini masih kosong alias tidak diisi Windows atau OS lain.

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

1. Periksa isi kotak dan kondisi laptop
Hal pertama yang harus dilakukan setelah membuka kotak adalah memeriksa isi batang. Pastikan untuk melengkapi brosur atau daftar kemasan penjualan yang ditulis di kantor situs web. Umumnya ada baterai, charger, drive CD, kartu garansi, buku panduan, dll … Jika tidak, tanyakan saja pada penjual.
Bukan hanya cek lengkap atau tidak, tetapi juga memeriksa kondisi fisik dan fungsional. Layar dan badan pastikan masih mulus. Jika terjadi fraktur dan istirahat, Anda harus terus menukar atau meminta jaminan. Begitu pula jika baterai bocor dan pengisi daya tidak berfungsi sama sekali.

2. Instal sistem operasi (OS)
Setelah kesempurnaan dan kondisi fisik tidak penting, hal berikutnya yang harus dilakukan pada laptop baru adalah menginstal sistem operasi. Penginstal CD atau flash disk tidak termasuk dalam kotak. Anda harus membeli sendiri (dijual terpisah). Harganya sangat bagus. Sebenarnya bajakan terlalu banyak. Namun lebih aman memakai yang asli. Intinya, memberikan persyaratan ini dari awal.
Instalasi OS sedikit rumit. Jika pertama kali mungkin salah. Namun, pada banyak tutorial di YouTube. Jika Anda takut untuk mencoba sendiri dapat bertanya kepada orang yang memiliki pengalaman. Jika kode lisensi Windows Anda sudah diatur, mungkin dia hanya meminta tagihan upah. Apalagi jika teman, bisa dilepas.

3. Pasang panduan
Meskipun OS sudah terinstal dan dapat digunakan, CD drive masih perlu diinstal. Jika tidak, fontnya besar, tampilannya tidak bagus untuk dilihat, dan beberapa tidak berfungsi. Misalnya, touchpad tidak dapat menggulir ke atas dan ke bawah dengan dua jari. Biasanya dengan seri yang diklik dari sisi layar.
Cara menginstal driver tidak sama dengan OS Windows yang harus login ke BIOS. Cukup masukkan CD ke drive VCD / DVD, buka File Explorer, dan klik. Biasanya akan muncul seperti aplikasi terbuka dan panduan untuk menginstal kontennya. Maka Anda harus mengkliknya. Mudah.

4. Instal antivirus
Menggunakan laptop yang baru dibeli berarti masih bersih dari virus. Untuk memastikannya bersih, yang perlu Anda lakukan sebelumnya adalah menginstal aplikasi Antivitus.
Windows 10 sudah memiliki antivirus built-in. Ini disebut Windows Defender. Menurut banyak orang, tidak perlu menginstal antivirus lain. Kenapa? Karena jika itu benar-benar mengganggu atau menghambat kinerja. Yang perlu Anda lakukan sekarang hanyalah pembaruan rutin dari kursus antivirus dan jangan lupa pembaruan lainnya melalui Pengaturan> Pembaruan & keamanan> Periksa pembaruan.

5. Pasang kantor
Aplikasi kantor berguna untuk mengetik, menulis surat, dan sebagainya. Sepertinya aplikasi ini diperlukan di setiap komputer atau laptop. Karena itu aneh jika itu tidak ada.
Kantor itu sendiri sangat murah. Salah satu orang yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Office. Konten bervariasi: Satu Catatan, Word, Excel, Power Point, Publisher, dll. Sayangnya aplikasi ini berbayar. Pembajakan ada di sana, tetapi lebih baik bukan karena itu ilegal. Jika Anda tidak ingin menghabiskan lebih banyak, cukup gunakan kantor gratis (open source) seperti Free Office dan Open Office.

6. Pasang pengoptimalan dan tweaking aplikasi
Untuk menghapus virus, sistem operasi Windows 10 dilengkapi dengan kekuatan Windows Defender penuh. Namun untuk tweaking bisnis untuk kinerja komputer dan laptop dam lebih baik, sekarang masih perlu ditambahkan optimasi aplikasi.
Saya pribadi menyarankan agar orang menggunakan CCleaner. Dengan komputer itu dapat berjalan lebih cepat dan stabil. Kenapa? Karena aplikasi ini dapat menghapus riwayat, registri, bahkan dapat membantu menghapus aplikasi yang tidak ingin Anda uninstall dihapus.

7. Browser Intsal
Browser juga memainkan peran penting untuk komputer. Dari sekian banyak, orang yang paling banyak digunakan adalah Chrome dan mozilla. Pada komputer dan laptop baru untuk pertama kalinya, keduanya masih belum ada. Jadi itu harus dipasang sendiri. Untungnya kedua aplikasi ini gratis alias tidak berbayar.
Meski belum, sebenarnya Windows 10 sendiri tidak memiliki browser default. Namanya adalah Internet Explorer dan Microsoft Edge. Jadi Anda bisa membukanya dan menginstal Mozilla dan Chrome. Bagaimana jika Anda tidak ingin browser tambahan? Tidak apa-apa, dua browser alami sudah lebih dari cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *