Cara Ternak Kelinci Pedaging

Kelinci yaitu binatang yang mempunyai bulu-bulu halus, serta kelinci lebih di kenal dekat dengan manusia, Jadi binatang peliharaan yang lucu serta menggemaskan.

Terkecuali jadi binatang peliharaan, kelinci dapat juga di ternak untuk digunakan dagingnya, Saat ini olahan masakan daging kelinci telah mulai popular di orang-orang, Seperti sate kelinci, yang lezat juga menpunyai kandungan gizi yang cukup tinggi.

Cara Ternak Kelinci Pedaging

Kelinci diternak tidak cuma untuk digunakan dagingnya, namun juga bisa untuk menyalurkan hoby, juga dapat di jual jadi kelinci hias, maka untuk anda yang ingin budidaya kelinci tak perlu cemas untuk pemasaran hasil ternak kelinci,

Ternak kelinci sebetulnya sangat gampang, untuk pemula yang ingin tekuni budidaya kelinci silakan ikutilah beberapa langkah di bawah ini ;

Cara Ternak Kelinci Pedaging

kelinci.net

Gambar Cara Ternak Kelinci Pedaging

1. Persiapan kandang kelinci

Kandang yaitu prasyarat paling utama dalam dunia usaha peternakan, Saat sebelum kita bikin kandang kelinci, Hal paling utama yang butuh di perhatikan yaitu tempat,

Tempat tempat pembuatan kandang mesti jauh dari keramaian, Bebas dari asap atau polusi hawa, Mempunyai aliran hawa lancar, juga terserang cahaya matahari dengan segera, Sedang suhu hawa yang baik untuk ternak kelinci seputar 21 derajat celcius.

Untuk ukuran kandang dapat sesuai dengan padatnya bibit, Contohnya untuk ukuran 200 x 70 x 70 cm, cukup untuk di isi 12 ekor kelinci betina, Atau 10 ekor untuk kelinci jantan,

Kandang dapat dibikin memakai material seprti bambu, kayu, kawat atau besi, Peletakan kandang mesti terlepas dari binatang predator lainnya, Seperti tikus, kucing atau anjing.

2. Penentuan bibit

Sesudah kandang usai kita sediakan, langkah setelah itu mencari bibit, Bibit yang kerap dibudidaya untuk kelinci potong yaitu type kelinci flemish giant, kelinci new zealand, serta kelinci Rex.

Tanda-tanda bibit yang memiliki kwalitas bagus yaitu ;
– Bibit tak cacat fisik
– Tak gugup serta bulunya halus
– Warna tak kusam
– Lincah serta aktif bergerak
– Juga mata bersih serta tertangani.

3. Pemberian pakan

Pakan kelinci di habitat aslinya berbentuk rerumputan juga sayur-sayuran seperti ; Wortel, kangkung, atau sayuran hijau lainnya, Namun bila kita budidaya kelinci dapat kita berikanlah makanan kombinasi berbentuk pellet spesial kelinci.

Pemberian pakan berbentuk pelet mempunyai tujuan untuk percepat perkembangan, serta pembetukan daging, Makanan dapat diberi 2 kali satu hari pagi serta sore, Lewat cara pagi kita berikanlah pellet, serta sore harinya kita berikanlah sayuran, atau demikian sebaliknya, Janganlah lupa senantiasa siapkan air minumnya.

4. Saat reproduksi (kembang biak)

Sesudah kelinci betina berumur 4-6 bln. serta kelinci jantan berumur 6-8 bln., Kelinci telah siap dikawinkan, serta saat yang paling produktif saat kelinci berusia di atas 1 th..

Janganlah memaksakan kelinci kawin di umur muda, Lantaran bakal mengakibatkan kerusakan pertumbuhanya yakni kelinci jantan umumnya bakal beralih jadi kerdil, Bahkan juga dapat menyebabkan tidak berhasil hamil untuk kelinci betina.

  • Sistem mengawinkan kelinci

    Mengawinkan kelinci nyatanya mesti ada ritualnya yakni ;
    Kelinci betina kita pindahkan kekandang kelinci jantan, Jangan pernah terbalik ya, langkah tersebut mempunyai tujuan agar kelinci jantan lebih yakin diri.

    Sesudah kelinci betina telah ada dalam kandang kelinci jantan, Tunggulah sebagian waktu, biarlah kelinci bercumbu, Serta lakukan perkawinan.

  • Saat kehamilan

    Sesudah kita ketahui langkah mengawinkan kelinci, setelah itu langkah tahu kehamilan kelinci, Seekor kelinci bisa kita kenali positif hamil atau tidaknya yaitu, Perutnya mulai tampak besar, nafsu karena itu selalu bertambah.

    Untuk meyakinkan jika kelinci tengah hamil yakni, Seputar 2 minggu sesudah sistem perkawinan, Kita dapat meraba perut kelinci betina, Jika ada tonjolan kecil dalam perutnya, Bermakna kelinci postif hamil.

    Bila kita sudah tahu jika kelinci tengah hamil, Kita mesti meningkatkan jumlah makannya, Tujuanya supaya konsumsi makanan bayi kelinci dalam perut dapat tercukupi.

    Janganlah lupa senantiasa melindungi kebersihan kandang, supaya kelinci yang tengah hamil terlepas dari semua penyakit, Sesudah masuk umur kehamilan 3 ke 4 minggu, Baiknya kita sediakan kandang kotak memiliki ukuran 60 x 30 x 15 cm.

    Kandang kita berikan alas dengan rumput kering atau kain sisa untuk sistem melahirkan juga menyusui anaknya, Lalu pindahkan kelinci ketempat itu.

    Baiknya umur kehamilan kelinci yaitu 29-32 hari serta bakal melahirkan, yang dapat diikuti dengan kelinci tampak mulai bikin sarang, Yakni dengan menghimpun benda-benda yang ada di sekelilingnya, Termasuk juga bulunya sendiri. 

  • Melindungi serta menjaga anak kelinci

    Bila kelinci sudah melahirkan, Pekerjaan kita yaitu menjaga juga melindungi anaknya, Anak kelinci yang baru lahir umumnya tak mempunyai bulu, dengan mata terpejam serta konsumsi makananya yaitu susu dari induknya.

    Bila jumlahnya anak kelinci terlampau banyak, Kita dapat menitipkan anaknya pada indukan lainnya supaya disusui, Anak kelinci yang tetap kecil mesti ada pada tempat yang nyaman, serta senantiasa hangat.

    Untuk memberi makanan kelinci jadi konsumsi gizi untuk anaknya jangan pernah telat, Supaya anak kelinci cepat tumbuh serta masih sehat.

Kelinci potong dapat dipanen serta di pasarkan seputar usia 3-4 bln., Segera di jual pada pengepul atau ke restoran yang bikin olahan dari kelinci. Sekianlah artikel perihal budidaya kelinci potong, Mudah-mudahan dapat menolong anda yang ingin mengawali usaha ternak kelinci potong. Sumber : kelinci.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *