Panduan Membeli Gitar

Tidak heran jika 99% anak-anak muda hari ini ingin belajar gitar. Siapa sih yang ga ingin jadi orang paling keren di antara teman-teman mereka.

Tetapi untuk mempelajari gitar kamu harus pertama-tama memiliki gitar dan waktu untuk berlatih secara teratur. Dan kualitas sebuah alat musik bisa mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan kamu menjadi seorang gitaris seperti yang kamu inginkan. Di artikel ini ada beberapa hal yang perlu kamu ingat saat membeli gitar.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli gitar pertama kali:

Jenis Gitar – Secara umum, ada empat jenis gitar – akustik, klasik, listrik dan bass. Kami coret bass dari daftar karena alat musik ini bukan untuk pemula. Dari tiga lainnya, kamu harus memilih salah satu yang paling berhubungan dengan musik apa yang ingin kamu mainkan. Untuk pemula, gitar klasik atau akustik bisa jadi pilihan. Meski banyak orang mengatakan bahwa akustik dan klasik kurang lebih sama, tapi kenyataannya tidak. Senar gitar akustik lebih tebal dan terbuat dari baja, gitar klasik terbuat dari nilon dan jauh lebih tipis dan lebih lembut. Dan karena senarnya berbeda, suaranya juga pasti berbeda. Sebuah gitar akustik memiliki warna suara yang tajam dan terang, tapi gitar klasik memiliki suara yang manis dan sedikit pelan. Gitar listrik di sisi lain berada di liga yang berbeda. Suara gitar listrik sangat berbeda dari akustik, dan oleh karenanya bisa dengan mudah dikenali. Namun, gitar listrik atau elektrik memiliki style yang berbeda pula satu sama lain.

gitar

Ukuran Gitar itu Penting – Saat membeli gitar, pertimbangkan besar keseluruhan gitar. Tetapi kebanyakan orang yang membeli gitar untuk pertama kalinya, tidak terlalu memperhatikan hal ini. Namun, kamu sebagai pemula harus melihat apakah gitar yang kamu inginkan nyaman buat kamu atau tidak. Gitar tersedia dalam ukuran yang berbeda dan kamu harus memilih ukuran yang paling nyaman bagi tubuh kamu. Aturan umum – semakin pendek kamu, semakin kecil gitarnya.

Faktor Harga – Sebuah gitar Jimmy Hendrix baru-baru ini dilelang seharga USD 2 juta. Namun, kami tidak sedang membahas gitar tersebut. Kita sedang berbicara soal harga sebuah gitar untuk pemula. Kebanyakan orang yang membeli gitar pertama mereka bingung berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan untuk sebuah gitar. Meskipun tidak ada aturan yang pasti di sini, harga gitar pemula yang umum seharusnya tidak lebih dari 2 juta rupiah.

Referensi: melodiamusik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *